Jumat, 22 September 2023

PEMBAGIAN PERIODE ZAMAN MESOZOIKUM: Zamannya Dinosaurus

When Dinosaurs Rule the World

Zaman Mesozoikum terkenal akan kehidupan makhluk reptil raksasa yang banyak disebut sebagai Dinosaurus. Pada zaman ini dinosaurus mendominasi dunia. Zaman ini dibagi menjadi tiga periode yaitu:

1. Periode Triassic (250-200 juta tahun yg lalu)
Pada Periode ini hampir semua daratan bergabung menjadi satu daratan membentuk superkontinen yang disebut Pangea. Awal dan akhir dari periode ini ditandai dengan adanya kepunahan massal. Dinosaurus yang hidup pada zaman ini contohnya: Placerias, Coelophysis, Postosuchus, dan Plateosaurus.



2. Periode Jurassic (201-145 juta tahun yang lalu)
Pada periode Jura ini dinosaurus berkembang paling pesat. Nama periode ini diberikan oleh Alexandre Brogniart berdasarkan banyaknya batu kapur laut yang ditemukan di Pegunungan Jura, di daerah pertemuan Jerman, Prancis, dan Swiss yang di mana strata batu kapur dari periode tersebut pertama kali diidentifikasi. Pada masa awal Jura, Superkontinen Pangaea telah mulai terbagi menjadi dua daratan besar: Laurasia di utara, dan Gondwana di selatan. Hal ini menciptakan lebih banyak garis pantai dan mengubah iklim benua yang sebelumnya kering menjadi lembab. Dan banyak gurun yang terdapat di Periode Trias tergantikan oleh hutan hujan yang rimbun.
Dinosaurus merupakan hewan yang dominan pada zaman Jura, Jura berakhir dengan peristiwa kepunahan kecil. Dinosaurus yang hidup pada zaman ini contohnya: Diplodocus, Brachiosaurus, Allosaurus, Stegosaurus


3. Periode Cretaceous (145-65 juta tahun yang lalu)
Disebut juga sebagai zaman kapur. Periode ini ditandai sebagai suatu periode terpisah pertama kali oleh ahli geologi Belgia, pada tahun 1822 dengan menggunakan stratum di Basin Paris dan mendapat namanya berdasarkan banyaknya lapisan kapur (kalsium karbonat yang terbentuk oleh cangkang invertebrata laut, terutama coccolith) yang ditemukan pada periode Kapur Akhir di Eropa daratan dan Kepulauan Britania
Dinosaurus yang hidup pada zaman ini contohnya: T-Rex, Spinosaurus, Triceratops, Titanosaurus, Pteranodon, Iguanodon, dan Ankylosaurus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar