Rabu, 25 Oktober 2023

Tugas Benchmarking Nilai-Nilai BerAKHLAK PT KAI

Profil PT KAI

    PT. Kereta Api Indonesia (persero) adalah satu-satunya BUMN di lingkungan Departemen Perhubungan yang bertanggung jawab menyelenggarakan pelayanan jasa angkutan kereta api dalam rangka memperlancar arus perpindahan orang dan/atau barang secara massal untuk menunjang pembangunan nasional di Indonesia.
    PT. KAI memiliki visi menjadi perusahaan yang memberikan manfaat tinggi bagi masyarakat, lingkungan, dan pemangku kepentingan melalui peningkatan aktivitas Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) dan Community Relations (CR). Sedangkan misinya diwujudkan dengan 1) Berperan aktif dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup dan kemandirian masyarakat serta kelestarian lingkungan; dan 2) Membangun citra positif dan sinergi perusahaan dengan pemangku kepentingan guna terciptanya situasi kondusif bagi operasional perusahaan yang berkelanjutan.
    Sejak 1 Juli 2020, Menteri BUMN Erick Thohir telah menetapkan Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif (AKHLAK) sebagai core value (nilai inti) di Lingkungan BUMN. Sebagai salah satu BUMN maka PT KAI pun juga harus mengaplikasikannya. Pentingnya penerapan nilai tersebut dilakukan demi kemajuan BUMN termasuk PT KAI.


Nilai-Nilai Berakhlak yang Diterapkan


a. Berorientasi Pelayanan
Nilai berorientasi pelayanan tidak secara gamblang disebutkan dalam nilai budaya kerja PT. KAI sebagai BUMN. Akan tetapi nilai ini diwujudkan dalam bentuk maklumat PT. KAI (Persero) sebagai mana ditampilkan pada Gambar 1. Selain itu PT. KAI juga senantiasa berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat dan melakukan perubahan tiada henti. Hal ini ditunjukkan dengan adanya layanan pemesanan tiket online mengikuti kebutuhan masyarakat masa kini dan rebranding perusahaan guna memperbaiki kinerja dan citra perusahaan.
Gambar 1. Maklumat Pelayanan PT KAI

b. Akuntabel
Nilai akuntabel juga tidak secara gamblang disebutkan dalam nilai budaya kerja PT. KAI sebagai BUMN. Namun hal ini dapat serupa dengan core value Amanah yang diterapkan dengan panduan perilaku 1) Memenuhi janji dan komitmen. 2) Bertanggung jawab atas tugas, keputusan, dan tindakan yang dilakukan. 3) Berpegang teguh kepada nilai moral dan etika. Adapun perilaku akuntabel ditunjukkan dalam video keseharian pegawai berikut: 
c. Kompeten
Nilai kompeten termasuk dalam nilai budaya kerja PT KAI sebagai BUMN. Tingkat kekompetenan PT KAI dapat ditunjukkan dengan hasil survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang dipublikasikan melalui situs ppid.kai.id menunjukkan nilai indeks sebesar 4,38 dari skala 5 pada semester II tahun 2021. Hal ini berarti bahwa tingkat kepuasan pengguna layanan terhadap pelayanan PT KAI berada pada kategori “High”.
Gambar 2. Hasil Survei Kepuasan Masyarakat
Selain hasil survei di atas  penerapan nilai kompeten ditunjukan dengan banyaknya penghargaan yang diraih oleh PT KAI sebagaimana ditampilkan daftarnya dalam link berikut https://www.kai.id/corporate/about_kai/ pada tab penghargaan.

d. Harmonis
Nilai harmonis termasuk dalam nilai budaya kerja PT. KAI sebagai BUMN. Nilai harmonis Ber-AKHLAK yang diterapkan PT KAI adalah suka menolong orang lain salah satu caranya dengan menggratiskan biaya pengangkutan bantuan sebagaimana ditampilkan pada Gambar 3. 
Gambar 3. Bantuan PT KAI untuk korban bencana
Namun PT. KAI masih memiliki tantangan mengenai banyaknya konflik lahan dengan warga masyarakat di berbagai daerah bahkan di Cirebon hingga terjadi kericuhan pada 29 Juli 2020 silam sebagaimana ditampilkan dalam link berikut: 

e. Loyal
Nilai loyal termasuk dalam nilai budaya kerja PT. KAI sebagai BUMN. Salah satu nilai loyal ber-AKHLAK yang diterapkan PT KAI yaitu memegang teguh ideologi Pancasila, UUD 1945, serta setia pada NKRI dan pemerintahan yang sah yaitu dengan bekerjasama dengan BNPT mendirikan warung NKRI dalam rangka deradikalisasi sebagaimana video dalam link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=UL3kdVLuxb0
Gambar 4. Kerjasama PT KAI dalam upaya deradikalisasi

f. Adaptif
Nilai adaptif termasuk dalam nilai budaya kerja PT KAI sebagai BUMN. Penerapan nilai adaptif yang sesuai core value Ber-AKHLAK yaitu PT KAI senantiasa melakukan inovasi seperti pemesanan tiket secara online, pengembangan aplikasi KAI Access, dan peningkatan keterbukaan informasi publik melalui ppid.kai.id.
Gambar 5. Web ppid.kai.id
Gambar 6. Pemesanan Tiket secara Online via web maupun aplikasi

g. Kolaboratif
Nilai adaptif termasuk dalam nilai budaya kerja PT KAI sebagai BUMN. Contoh penerapan nilai kolaboratif yaitu terbuka dalam bekerjasama untuk menghasilkan nilai tambahdan menggerakkan pemanfaatan berbagai sumberdaya untuk tujuan bersama. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai kerjasama seperti dengan Kementerian Kesehatan, PT Pos indonesia, Pelindo, dan juga BNPT sebagaimana pada Gambar 4 dan 7.
Gambar 7. Kolaborasi PT KAI dengan instansi lain


Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan nilai-nilai ASN Ber-AKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) turut diterapkan di PT KAI (Persero) sebagai BUMN, meski dengan istilah penyebutan core value yang berbeda yaitu AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).



Referensi
https://elibrary.unisba.ac.id/files2/Skr.13.80.08299.pdf (diakses 28/09/2022)
https://infiniti.id/blog/lainnya/akhlak-bumn-panduan-lengkap (diakses 28/09/2022)
https://ppid.kai.id/media/konten/111_survey_kepuasan_pelanggan_kai_semester_ii_tahun_2021.pdf (diakses 28/09/2022)
https://www.kai.id/information/full_news/1771-pt-kai-angkut-gratis-bantuan-untuk-korban-bencana-kota-palu-sulawesi-tengah (diakses 28/09/2022)
https://www.youtube.com/watch?v=K0qKAz6kM7o (diakses 28/09/2022; Ket: Ricuh PT KAI dengan warga)



Tugas Latsar CPNS Benchmarking

Alasan memilih benchmarking dengan PT KAI:
1. PT KAI merupakan penyedia layanan publik yang luas dan sangat bersinggungan dengan masyarakat secara umum
2. Sering kita gunakan langsung ketika berpergian dengan kereta api
3. Telah terjadi perubahan besar jika dibandingkan dengan PT KAI dahulu (sebelum pak Jonan)
4. Terpantau mengikuti perkembangan zaman dari aplikasi dan UI Design web nya
5. Meraih berbagai macam penghargaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar